Sunday, October 7, 2012

gampang sulitnya jualan dipasar

sebelumnya saya ingin bagi-bagi pengalaman saya selama berjualan di pasar. dulu waktu saya smp saya sudah ikut ke pasar bantuin ibu saya di toko. awalnya dipasar itu saya pikir orang-orangnya sama seperti teman-teman saya dirumah .setelah lama saya dipasar baru tau saya rasanya jadi orang pasar.

waktu itu saya pernah pas banget lagi sendirian jaga di toko dan ada orang yang mau jual kebetulan yang dijual anting dan antingnya itu tinggal sebelah , karena saya pemula dan ga ada yg bantuin jadi dalam pikiran saya mungkin cara belinya dari harga utuh di bagi setengah karena saya hanya pikir kalo emas itu barang yang berharga mungkin begitulah cara belinya.setelah itu ibu saya datang dan bilang kalo tinggal sebelah bukan gitu caranya.dan kemudian dia menjelaskan caranya.

setelah itu saya pikir tidak mudah ya berjualan itu dan apalagi kalo setelah saya tahu caranya ternyata gampang-gampang sulit untuk melakukannya karena ada orang yg tidak mngerti bagaimana ruginya saya kalo  kondisi barangnya tinggal sebelah .dan yang hanya dia pikirkan dia ga mau rugi. dan memangnya saya juga mau rugi. dan di situlah mental kita di uji asalkan kita benar ga pake cara berdebat aja orang itu bisa mengerti jadi intinya dari kita berada di pasar adalah mental dan pengetahuan, karena jika kita hanya punya mental dan tak tahu apa-apa yang ada bukan berdebat lagi malah berantem.

meskipun sedikit tetapi bila ada yg memiliki masalah seperti saya. mungkin bisa mengerti bagaimana gampang sulitnya  berjualan dipasar apalagi kalo barang yang di jual bukanlah barang biasa . semoga tulisan saya ini mungkin bisa memmotivasi bagi yang membacanya 

No comments:

Post a Comment